Minggu, 24 Agustus 2008

Belajar Bahasa Jepang Yuk!!! 1


Dalam ketidak-bisaan saya, saya menyimpan harap bisa memotivasi dan memberikan yang saya bisa agar bisa dipelajari oleh siapapun, terutama teman-teman kecilku. Makanya walaupun saya nggak bisa bener, nggak ada salahnya saya coba memberikan sedikit demi sedikit ya!!


Kita mulai dengan greeting (aisatsu). Membaca Nihon go (bahasa Jepang) sama saja dengan membaca bahasa Indonesia. Jika ada "ou" berarti membaca "o" tapi panjang. Jika ada dua konsonan misalnya konnichiwa, maka bacanya seperti tasdid pada Innalillah..

Selamat pagi : Ohayou Gozaimasu
Selamat siang : Konnichiwa

Selamat malam : Konbanwa.
Kalau ada orang mengucapkan itu, njawabnya juga sama
Contoh :
Minna san (everybody), konnichiwa. Njawabnya juga konnichiwa.

Dalam pertemuan pertama, biasanya kita kan kenalan satu sama lain, gimana caranya?? Kalau kita mengenalkan diri sendiri (jikoshoukai) :

Minna san, (hallo semua)
Hajimemashite (perkenalkan, how do you do)
Watashi no namaewa .... desu (nama saya ....)
... kara kimashita (saya dari ..., isi titik-titik dengan nama kota atau negara kita berasal)
Watashiwa gakusei desu (saya seorang siswa, misal, SMA 2 Purwokerto no gakusei desu)
Dozo yoroshiku onegaishimasu (nice to meet you)

Ketika mendengar ada orang mengatakan Dozo yoroshiku onegaishimasu (biasanya cuman yoroshiku onegaishimasu) di akhir perkenalan, kita menjawab "Yoroshiku onegaishimau atau Kochira koso yoroshiku"

Kotoba untuk dihafal :
... san ( saudara ...) contoh : Joko san, Hikari san, Santi san. (untuk yang seumur atau lebih tua)
... kun (sebutan untuk yang lebih muda dari kita, laki-laki) contoh : Bayu kun, Andi kun.
... chan (sebutan untuk yang lebih muda dari kita, cewek.) contoh : Mila chan, Elfa chan.
watashi (saya) (Bahasa Jepang untuk saya, banyak seperti ore, boku, atashi, etc, tapi yg formal watashi, yang lain digunakan untuk percakapan sesama teman)
kuni (negara) watashi no kuni (negara saya, no gunanya sebagai penyambung, kepemilikan)
namae (nama) watashi no namae (nama saya)
gakkou (sekolah) watashi no gakkou (sekolah saya)
anata (anda)

Prinsip membuat kalimat sederhana berupa kalimat berpredikat kata benda.
Subyek wa Noun desu. ( wa berfungsi seperti is dalam bahasa inggris)
Watashi wa Adis desu.
Watashi no gakkou wa SMA 7 Purwokerto Desu.
Anatano gakkou wa SMP 2 Purwokerto desuka? (ka ditambahkan saat kita membuat kalimat ?)
(Apa sekolahmu di SMP 2 Purwokerto?)
Hai, sou desu (ya betul)
Iie, SMP 2 Purwokerto Ja Arimasen (bukan).


Dah, segitu dulu biar nggak pusing. Selamat belajar!!!!

Tidak ada komentar: